Mengenal Geografi Hamparan Bumi Palestina

15/07/2009 at 3:20 am 4 komentar

Bumi Palestina, meskipun hanya sepetak tanah ditengah-tengah hamparan bumi yang luas ini, namun memiliki posisi yang sangat strategis. Palestina merupakan satu-satunya penghubung antara Benua Asia dan Benua Afrika. Dengan demikian, Palestina akan bisa menjadi ‘jembatan’ yang baik antara kedua benua tersebut jika berada dalam kekuasaan kita. Sebaliknya, Palestina akan menjadi ‘pemisah’ yang efektif antara kedua benua tersebut, jika tidak berada dalam kekuasaan kita, sebagaimana yang terjadi saat ini. Disamping itu, Palestina merupakan titik temu antara tiga benua besar: Asia, Afrika, dan Eropa.

Palestina juga memiliki kedudukan yang tinggi secara relijius, karena ia merupakan tanah suci bagi tiga agama besar sekaligus: Islam, Yahudi, dan Kristen. Palestina juga sangat penting secara historis karena di bumi yang hanya sepetak ini telah terjadi sekian banyak konflik, peperangan-peperangan penting, dan migrasi orang-orang besar dalam sejarah kemanusiaan.

peta_geo_palestina

Secara geografis, Palestina memiliki batas-batas alami sebagai berikut. Sisi barat Palestina dibatasi oleh pantai Laut Tengah (Laut Mediterania). Sisi timur dibatasi oleh Sungai Jordan, Laut Mati, dan Lembah Arabah. Adapun sisi selatan berakhir di Selat Aqabah.

Adapun secara politis, Palestina berbatasan dengan Lebanon di sisi utara, Suriah di sisi timur laut, Jordania di sisi timur, dan Mesir di sisi selatan.

PA map of Palestine

Secara topografis, hamparan bumi Palestina terdiri atas: 1) dataran rendah (al-manthiqat al-sahiliyah), 2) dataran tinggi (al-manthiqat al-jabaliyat, manthiqat al-murtafa’at al-wustha), 3) kawasan cekungan Jordan (manthiqat al-ukhdud al-urduni), dan 4) kawasan Negev (hadhbat al-Naqab).

Dataran rendah Palestina meliputi kawasan garis pantai dan kawasan dataran rendah diatasnya. Adapun dataran tinggi meliputi dataran tinggi utara dan dataran tinggi selatan.

Dataran tinggi utara terdiri dari Pegunungan Al-Jalil Al-A’la (Upper Galilee) dan Pegunungan Al-Jalil Al-Adna (Lower Galilee). Sedangkan dataran tinggi selatan meliputi Pegunungan Nablus, Pegunungan Al-Quds, dan Pegunungan Al-Khalil. Di Pegunungan Nablus terdapat Gunung Karmil, Gunung ‘Aibal, dan Gunung Jarzem. Di Pegunungan Al-Quds terdapat Gunung Mukabbir, Gunung ‘Ashur, Gunung Nabi Samuel, Gunung Thuur (Gunung Zaitun), dan Gunung Masyarif. Adapun Pegunungan Al-Khalil merupakan pegunungan yang bersambung dengan Pegunungan Al-Quds.

Di kawasan cekungan Jordan terdapat Lembah Sungai Jordan, Laut Mati, dan Lembah ‘Arabah. Adapun di kawasan Negev terdapat daerah Beersheeba dan Padang Gurun Palestina.

topography_palestine

Entry filed under: Geografi. Tags: , , , .

Liwa’ dan Distrik di Palestina Keutamaan Masjidil Aqsa

4 Komentar Add your own

  • 1. Joko surono  |  01/11/2009 pukul 7:56 am

    ISRAEL IS ONE ZIONIS STATE AND SICK

    Balas
  • 2. Ghazi  |  07/06/2010 pukul 9:50 am

    israel is a terrorist state. muslims from pakistan will kick them back from muslim areas INSHAALLAH.

    Balas
  • 3. indra abadi  |  14/08/2010 pukul 6:10 am

    israel is one state laknatullah and kafir state

    Balas
  • 4. download lagu dan lirik lagu  |  13/05/2011 pukul 7:51 am

    ayo palestina kamu bisa. aku mendukungmu. aku berdo’a untukmu semoga alloh memberikan pertolongannya padamu. semoga israel laknatulloh bisa di tumpas

    Balas

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juli 2009
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Blog Stats

  • 137.064 hits